Formulir Kontak

 

Kampung Adat itu Kampung Naga

Indonesia, negara dengan gugusan pulau-pulaunya, ribuan keanekaragaman budayanya, ratusan etniknya, dan jutaan bentang alamnya. Entah berapa lama lagi kita bisa menikmati semua karunia itu. Sampai dimanakah batas waktu kita untuk bisa mendalami dan melihat jelas keanekaragaman budaya negeri tercinta ini? Tanpa kita sadari, modernisasi telah menjajah nilai asli kehidupan kita. Gedung-gedung bertingkat nampak wajar, pakaian-pakaian minim dibiarkan, bahkan gaya hidup kota besar mengakar dimana-mana. Hanya tersisa segelintir yang masih memegang teguh pesan moral sang nenek moyang. Hidup tanpa mengikuti perkembangan jaman sama sekali tak mengurangi kesejahteraan mereka.

Sebutlah Kampung Naga, sebuah perkampungan yang terletak di wilayah Desa Neglasari, Tasikmalaya, Jawa Barat. Lokasinya tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan kota Garut dengan kota Tasikmalaya. Kampung Naga berada di lembah yang subur yang dibatasi oleh hutan keramat dan dikelilingi oleh sawah-sawah penduduk. Di sebelah utara dan timur dibatasi oleh sungai Ci Wulan yang sumber airnya berasal dari Gunung Cikuray.

Terima kasih Kampung Naga, engkau telah mengajarkan banyak hal. Tetap seperti ini sampai esok kami kembali lagi bersama anak cucu kami. Karena pengetahuan, nilai dan moral budaya, serta kelestarian adat dan alam adalah harta yang tak pernah usang di Kampung Naga.

Baca selengkapnya di : http://insanwisata.com/kampung-naga-mengajarkan-banyak-hal-kehidupan/

Wisatawan dan Photographer sedang sibuk mengabadikan gambar

Arsitek di Kampung Naga
Toilet Ramah Lingkungan/ Jamban

Aktivitas Wanita di Kampung Naga

Total comment

Author

Hannif Andy Al Anshori

0   komentar

Cancel Reply